Hanya coretan orang galau :D

Seluruh catatan di sisni adalah pengalaman pribadi ane terhadap interaksi pekerjaan sehari-hari. Kalau Anda mengambil manfaat dari tulisan di sini, saya ucapkan syukur Alhamdulillah.

Quality of Service Openwrt Backfire 10.03.1

Beberapa waktu yang lalu, saya telah mengarahkan seluruh traffic LAN ke internet melalui satu router device Linksys WRT 54GL lama saya, di mana sebelumnya langsung dihandle oleh modem TP-Link milik Speedy. Nah… dalam perubahan infrastruktur itu, menjadikan traffic antar blok node tidak stabil, karena ternyata secara default backfire tidak menyertakan fitur QOS (Quality of Service). Paket resmi yang tersedia di repository-nya pun juga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu saya mencari di belantara gugel, hingga menemukan tulisan bagus di forum https://forum.openwrt.org/viewtopic.php?id=33896

Begini step-step yang saya jalankan…

1. masuk ke main router menggunakan ssh
2. jalankan perintah opkg install http://files.eschauzier.org/qos-re-hfsc_2.0-1_all.ipk
3. edit file /etc/qos.conf sesuaikan dengan kondisi network yang saya miliki
4. matikan daemon dengan perintah qos-stop
5. jalankan daemon dengan perintah qos-start
6. lihat status daemon dengan perintah qos-stat

Udah… gitu ajah…😉

Filed under: Uncategorized

Resetting openwrt backfire 10.0.3

Alhamdulillah…
akhirnya bisa juga melakukan reset setingan openwrt backfire ane di linksys wrt54gl. Kalau sudah berhasil masuk di posisi failsafe, melalui telnet 192.168.1.1, maka lakukan mount_root, setelah itu jangan lupa jalankan firstboot. Setelah itu restart, dan openwrt kita sudah dalam keadaan perawan kembali ^_^

Selebihnya bisa dipelajari dari link ini…
http://wiki.openwrt.org/doc/howto/generic.failsafe

Filed under: Uncategorized,

[solved] Fielfield Upload Problems di Drupal 7 yang menggunakan nginx sebagai web server

Sudah beberapa bulan ane mencari solusi dalam masalah upload file di drupal 7 yang selalu gagal menggunakan browser apa saja. Pasalnya bila drupal itu dipasang di web server apache, tidak ada masalah sama sekali, semuanya lancar jaya. Masalah muncul di saat saya menggunakan web server nginx, maka akan muncul pesan error ajax.

Alhamdulillah… ada solusi dari comment ini https://www.drupal.org/node/1220826#comment-7606017 , ane sudah praktikkan dan BERHASIL !

Jadi yang ane lakukan adalah melakukan dirty hack (terpaksa) karena tidak ada solusi laen, mesti bongkar core !
Yaitu di file … /modules/file/file.module
di bagian fungsi file_ajax_upload(), kira-kira di baris 239 (saat ane pakai drupal 7 versi 7.27)

sebelumnya …

$form_build_id = (string) array_pop($form_parents);

ganti dengan …

do {
$form_build_id = (string) array_pop($form_parents);
} while ( !preg_match("/^form-/i", $form_build_id));

udah… itu aja, maka proses upload berhasil tanpa error, tapi….
yang menjadi masalah adalah itu icon progress yang muter-muter tidak berhenti, maka abaikan saja, kira-kira (tergantung besarnya file sich) beberapa detik (sesuai filling aje), silahkan save, dan tada… berhasil buat node dan file attachment berhasil disertakan.

Nah… ane belum nemu gimana meng-hack icon itu supaya berhenti berputar bila udah selesai. Mungkin developer front-end a.k.a. template bisa menyelesaikannya🙂

Semoga bermanfaat …

Filed under: Drupal, nginx, ,

RaLink RT3090 di Slackware 13.37

Bissmillah…

Hari ini saya mendapat kiriman PC Acer Aspire Z1800 All In One, dengan chipset wireless Ralink RT 3090. Langsung tancap instalasi menggunakan slackware 13.37 32 bit, dan semuanya oke, kecuali wlan0 tidak mau dinyalakan menggunakan perintah ifconfig wlan0 up. Muncul pesan error seperti biasa. Sudah… andalan pertama adalah ketik pesan error tersebut, di kamus besar internet, alias gugel dot kom.
Dari hasil pencarian ane dapatkan link ini http://blog.nielshorn.net/2011/08/rt3090-wireless-adapter-with-slackware-13-37/ dan tada… ! masalah solved dengan cara yang tidak pernah ane duga sebelumnya. Mantab masbro… !

Read the rest of this entry »

Filed under: Slackware

Driver Toshiba Portege T210 Win 7

Bismillah…
Mengurus system operasi windows memang kadang mudah bagi yang sudah mempunyai semua kebutuhan tersedia. Tapi… di sisi pendukung teknis, ternyata bukan pekerjaan yang mudah, setidaknya yang ane alamin. Terlebih kalau kita harus melakukan trouble shooting atau instalasi ulang “tanpa” ada driver bawaan yang tersedia. Maka siap-siaplah dongkol atau sampaikan kepada klien bahwa Anda harus membawanya ke service centrenya, atau… Anda mau pakai GNU Linux.
Read the rest of this entry »

Filed under: Uncategorized, , , , ,

GNUPG extensions untuk PHP pada kernel 2.6.37.6-smp bawaan slackware 13.37 32bit default

Bismillah…

Bermula dari keinginan untuk mengaktifkan fungsi gnupg pada skrip php, maka saya harus mengambil resource terpisah dari http://pecl.php.net/package/gnupg
versi terbaru yaitu 1.3.2 telah tersedia pada saat artikel ini ditulis.
Nah masalah muncul pada saat akan mengkompail source tersebut menggunakan kernel 2.6.37-smp bawaan slackware 13.37 32bit default.
proses berhenti dan muncul pesan semacam ini…
/usr/include/gpgme.h:80:2: error: #error GPGME was compiled with _FILE_OFFSET_BITS = 64, please see the section "Largefile support (LFS)" in the GPGME manual.
Read the rest of this entry »

Filed under: Slackware,

Auto fill textfield from another select box

Alhamdulillah…
Setelah lebih dari dua minggu berpikir dan mencoba-coba, setelah beberapa kali gagal maning… gagal maning… akhir nya ketemu cara menemukan cara termudah atau biasa dinamakan “best practise” di drupal untuk melakukannya.

Read the rest of this entry »

Filed under: Drupal

Membuat USB Win7 USB installer dari GNU Linux

# cfdisk /dev/sdb

Create an NTFS filesystem:

# mkfs.ntfs -f /dev/sdb1

Mount ISO and USB media:

# mount -o loop win7.iso /mnt/iso

# mount /dev/sdb1 /mnt/usb

Copy over all files:

# cp -r /mnt/iso/* /mnt/usb/

Write Windows 7 MBR on the USB stick:

# ms-sys -7 /dev/sdb

…and you’re done.

Selengkapnya bisa dibaca di
http://acervulus.info/2011/how-to-make-windows-7-usb-flash-install-media-from-linux/

Filed under: Uncategorized,

Linux Vserver bersemayam dalam slacky box-ku

Bismillah…

Mungkin benar pepatah mengatakan “sengsara membawa nikmat”. Berawal dari kegagalan saya memasang guest OS pada VirtualBox yang saya install di slackware 13.37 pada mesin nettop (versi kecilnya desktop, mungkin analogi dari netbook), akhirnya ngelantur ke sana-sini, tidur nggak nyenyak, kalau dihitung-hitung mungkin bisa mingguan stress yang kudapatkan. Tapi Alhamdulillah, perkara itu tidak menuntut “dateline”, jadi ya terserah saya mau selesaikan kapanpun. Konsekuensinya ya balik pada diri saya lagi, karena banyak pekerjaan yang akhirnya terbengkalai.

Read the rest of this entry »

Filed under: Slackware

PC Linux Tetap Stabil Walau Mati Mendadak

Bismillah…
Nah lho ?! Kok bisa ?! Maksudnya ?!
Ya… itulah yang saya dapatkan. Pernahkah kita melihat sebuah device routerboard yang berisi GNU Linux ? Kira-kira seperti itulah gambarannya. Telah banyak kita jumpai GNU Linux digunakan untuk embeded device, lantas bagaimana bila ini adalah PC Biasa dengan OS GNU Linux lengkap, digunakan bekerja seperti biasa, tapi tanpa dilengkapi UPS (Battery penyimpan tenaga, supaya tidak mati mendadak), tentu sangat beresiko, walaupun sehebat apapun filesystemnya tetap berpotensi rusak. Penasaran ?! Ikuti pengalaman saya…

Read the rest of this entry »

Filed under: Uncategorized,

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.