Upgrade Drupal 6 ke 7

Drupal 7 hadir dengan banyak fitur menarik yang sangat berbeda dari versi terdahulu (drupal 6). Install fresh dapat dilakukan dengan mudah, namun bagaimana bila kita sudah mempunyai content yang banyak ? Nggak lucu donk bila harus copy paste satu per satu content tersebut ke versi baru.

Upgrade mayor menjadi solusi yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah tersebut di atas, tapi sungguh bukan pekerjaan mudah dan saya punya pengalaman yang cukup beresiko. Untuk itu disarankan membackup terlebih dahulu baik database maupun seluruh file di DocumentRoot.

Kebetulan saya punya website berada di server yang bisa saya jangkau dengan full akses, jadi saya cukup ekstrak drupal 7 di folder baru, dan saya kopi seluruh kebutuhan dari versi lama ke yang baru. Setelah itu saya arahkan konfigurasi apache untuk mapping DocumentRoot ke folder yang baru.

Berikut ini langkah-langkah yang saya tempuh :

  1. Backup database dan simpan di tempat yang aman
  2. Ubah semua theme ke garland (default)
  3. Non-aktifkan semua modules “kecuali” bagian “core” dan “core optional”, tidak perlu melakukan uninstall
  4. Ubah setingan date and time di admin >> site_configuration >> date and time menjadi disable
  5. Hapus semua cache di admin >> site_configuration >> performance
  6. Hapus semua file dan direktori dalam DocumentRoot “kecuali” folder sites, kemudian ganti dengan semua direktori tree milik drupal 7 yang baru (fresh)
  7. Copykan file default.settings.php dalam folder sites/default di drupal 7 ke dalam path yang sama di drupal 6, lalu update file settings.php yang lama, ubah nilai pada baris $update_free_access menjadi TRUE, dan pastikan file tersebut bisa ditulis oleh daemon apache
  8. Masuk database, ubah tipe kolom sid dalam tabel sessions menjadi varchar(128), kemudian bila ditemukan kolom ssid dalam tabel tersebut, segera hapus.
  9. Nah… langkah berikutnya ikuti step-step updating seperti pada link /DocumentRoot/update.php, pengalaman saya agak lama karena database yang diupgrade jumlahnya banyak (ratusan), ya ditunggu saja.

Selesai ??? sepertinya kita masih punya masalah…

Toolbar tidak berisi top level management links ! Yang ada hanya welcome user dan logout !

Ini adalah konsekuensi dari kasus ketidaksinkronan cache dari versi lama terhadap yang baru. Solusinya adalah force refresh menu baru alias rebuilding menu baru, caranya… ?

Kita perlu menghapus dulu semua link, agar drupal membuat yang baru fresh from the oven.

Tunggu dulu… ! Untuk memudahkan pekerjaan, install modul devel (http://drupal.org/project/devel) dan aktifkan block development di sembarang region (yang penting bisa diakses menu rebuild menu-nya).

Lakukan perintah delete di mysql prompt,

delete from menu_links where router_path like ‘admin%’

setelah itu klik menu rebuild menu di daftar links development, maka drupal akan membuat link baru termasuk top level management links di toolbar.

So… pekerjaan bener-bener selesai… selamat menikmati drupal 7 !

Diterbitkan oleh

4 tanggapan untuk “Upgrade Drupal 6 ke 7”

    1. Silahkan… saya berharap ada yang mau pelajari develop drupal module, mungkin nggak ya kita berbagi ilmu module developing di drupal ?

Tinggalkan komentar